Tiongkok Pamer Mesin Perang, Tetangga Berang

Tiongkok Pamer Mesin Perang, Tetangga Berang
Armada Angkatan Laut Tiongkok. Foto: Reuters

jpnn.com, SHANGHAI - Militer Tiongkok melangsungkan latihan perang di Laut China Timur. Senin malam (23/4) kantor berita Xinhua melaporkan bahwa latihan perang dengan melibatkan kapal induk Liaoning itu sudah berlangsung selama 10 hari. 

Sayangnya, tidak ada keterangan tentang lokasi pasti latihan perang tersebut.

’’Liaoning berpartisipasi dalam latihan perang yang melibatkan angkatan laut dan angkatan udara di Laut China Timur. Kami juga melakukan simulasi perang dengan musuh. Pasukan kami berlatih merespons serangan yang datang dari udara dan serangan yang datang dari kapal selam.’’ Demikian bunyi keterangan resmi militer Tiongkok sebagaimana disebarluaskan Reuters, Selasa (24/4).

Beberapa jet tempur J15 milik Tiongkok juga berlatih mendarat dan lepas landas dari Liaoning dalam latihan perang Minggu (22/4). 

Liaoning merupakan kapal induk kebanggaan Negeri Panda. Sebab, kapal induk itu diciptakan ulang oleh para pakar militer dan senjata Tiongkok. Kabarnya, kapal induk era Perang Dunia II itu dibeli dari Ukraina.

Sebelum sampai Laut China Timur, Liaoning dan armada yang diusung berkeliling di wilayah barat Samudra Pasifik. Kapal induk itu juga melintasi Laut China Selatan dan Selat Taiwan.

Saat Liaoning melewati Selat Taiwan, Taipei sempat melontarkan kritik. Taiwan menuduh Tiongkok melakukan provokasi dengan mengirimkan Liaoning ke perairan yang memisahkan dua wilayah tersebut.

Di tiap titik hentinya, menurut Channel News Asia, Liaoning tidak sekadar singgah. Militer Tiongkok juga berlatih perang di sana. 

Militer Tiongkok melangsungkan latihan perang di Laut China Timur. Aktivitas itu mengundang protes dari negara-negara tetangga Tiongkok

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News