Tiongkok Sukses Jelajah Luar Angkasa

Tiongkok Sukses Jelajah Luar Angkasa
Tiongkok Sukses Jelajah Luar Angkasa
BEIJING – Tiongkok kembali mencatat prestasi. Kemarin (29/6) Shenzhou-9 berhasil menuntaskan misi 13 harinya di luar angkasa. Pesawat ulang-alik yang mengangkut tiga awak, termasuk seorang astronot perempuan, itu mendarat di Inner Mongolia pada pukul 10.05 waktu setempat (sekitar pukul 09.05 WIB).

Stasiun televisi nasional CCTV menayangkan langsung detik-detik pendaratan Shenzhou-9 kemarin. Sebelum mendarat sempurna di lapangan berumput, tampak sebuah parasut besar terkembang di belakang pesawat ulang-alik berawak pertama Tiongkok itu. Sekitar sejam kemudian, tiga astronot yang mengawaki Shenzhou-9 keluar dari kapsul sambil tersenyum.

Jing Haipeng menjadi astronot pertama yang keluar dari pesawat ulang-alik tersebut. Beberapa menit kemudian, dua rekannya menyusul. Liu Yang, sang astronot perempuan, menjadi astronot terakhir yang meninggalkan Shenzhou-9, tepat di belakang Liu Wang. Dari lokasi pendaratan Shenzhou-9, ketiganya menumpang kursi roda menuju lokasi pemeriksaan kesehatan.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi pemeriksaan kesehatan, Jing dan duo Liu terus melambaikan tangan dan tersenyum. Sesekali, mereka saling bincang dan bercanda. Sesuai dengan prosedur, tiga astronot yang baru menuntaskan misi mereka itu wajib menjalani tes kesehatan. Sedangkan para teknisi langsung mengecek kondisi pesawat ulang-alik yang baru mendarat sekaligus mendorongnya menuju hanggar.

BEIJING – Tiongkok kembali mencatat prestasi. Kemarin (29/6) Shenzhou-9 berhasil menuntaskan misi 13 harinya di luar angkasa. Pesawat ulang-alik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News