Tiru Selandia Baru, ACT Akan Susun Anggaran Berdasarkan Indeks Kesejahteraan

Tiru Selandia Baru, ACT Akan Susun Anggaran Berdasarkan Indeks Kesejahteraan
Tiru Selandia Baru, ACT Akan Susun Anggaran Berdasarkan Indeks Kesejahteraan

Pemerintah Selandia Baru dalam waktu dekat untuk pertama kalinya akan mengumumkan APBN berbasis kesejahteraan. APBN ini tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi tapi juga kualitas hidup masyarakat. ACT berupaya meniru gagasan serupa untuk diterapkan di wilayahnya. Apakah gagasan ini akan populer?

Kebijakan Indeks Kesejahteraan:

  • ACT akan menjadi yurisdiksi pertama di Australia yang akan mengukur berbagai kebijakan dibandingkan dengan pencapaian kesejahteraan
  • Selandia Baru akan menyampaikan "APBN kesejahteraan" pertamanya dalam beberapa minggu mendatang
  • Pemerintah ACT ingin berfokus pada pencapaian kualitas hidup daripada pencapaian ekonomi

Gagasan APBN kesejahteraan tidak hanya mengukur berbagai kebijakan negara berdasarkan perspektif pertumbuhan ekonomi saja tetapi juga mempertimbangkan berbagai indikator lain di bidang sosial, budaya dan lingkungan.

ACT akan menjadi yurisdiksi pertama di Australia yang akan menciptakan indeks kesejahteraan di wilayahnya sendiri dan telah meminta para pakar dan kelompok masyarakat untuk mulai mengembangkan model-model yang potensial untuk mewujudkan indeks tersebut.

Pemerintah ACT telah berjanji akan merilis indeks kesejahteraan itu pada Hari Canberra tahun depan.

Cassandra Favager dari lembaga riset Deloitte Selandia Baru, yang berspesialisasi dalam kesejahteraan masyarakat, mengatakan kepada seorang ahli di forum panel ahli yang diselenggarakan oleh Universitas Nasional Australia (ANU) bahwa ada pengakuan yang berkembang di seluruh dunia bahwa uang bukanlah satu-satunya hal yang membuat orang bahagia.

"Ini soal meningkatkan kehidupan untuk semua orang," katanya.

"Berdasarkan berbagai pemberitaan media, Selandia Baru memiliki level kesejahteraan yang sangat baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News