TMMD Dinilai Mewakili Aspirasi Masyarakat Desa

TMMD Dinilai Mewakili Aspirasi Masyarakat Desa
FOTO: DOK.Dispen Koarmatim for JPNN.com

jpnn.com - SAMPANG – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 Tahun 2015 di Desa Olor Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Madura, Kamis (8/10) secara resmi dibuka oleh Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, S.Sos, M.Si. Kasarmatim bertindak selaku Inspektur Upacara Pembukaan TMMD di Lapangan Sepak Bola Abdul Rahman Wahid, Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang.

Program TNI Manunggal Membangun Desa yang melibatkan lebih dari 150 personel yang berasal dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta masyarakat ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD.

Pada kesempatan ini, Kasarmatim membacakan amanat tertulis Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD.

Dalam amanatnya, Jenderal TNI Mulyono mengatakan TMMD ini mempunyai sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana di daerah pedesaan. TMMD kali ini juga memiliki sasaran non fisik yaitu berupa penyuluhan-penyuluhan tentang perlindungan dan jaminan sosial bagi masyarakat miskin. Selain itu, pembangunan manusia dan lingkungan melalui program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Hal ini sejalan dengan tema TMMD kali ini yaitu “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI, Polri, Kementrian, Lembaga Pemerintah non Kementrian, Pemerintah Daerah dam Seluruh Komponen Bangsa Lainnya, Kita Laksanakan Percepatan Pembangunan Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Pedesaan.”

Dalam upacara pembukaan tersebut, Kasarmatim secara simbolis menyerahkan peralatan kerja kepada perwakilan dari TNI dan masyarakat yang terlibat dalam rangkaian kegiatan TMMD, serta menyerahkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang berada di desa dimana TMMD berlangsung.

Kepala Dinas Penerangan Koarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan tertulisnya, mengatakan Kasarmatim juga meninjau stand yang memamerkan hasil karya perempuan di bidang pembangunan Kabupaten Sampang serta meninjau pelaksanaan donor darah yang digelar dalam rangka TMMD ke-95.

Hadir pada acara tersebut, Bupati Sampang H. A. Fannan Hasib, Ketua DPRD Kabupaten Sampang, Komandan Lanal Batuporon, Komandan Kodim 0828 Sampang, Kapolres Sampang, Kajari Sampang, Kepala SKPD Kabupaten Sampang serta tokoh ulama dan masyarakat.(fri/jpnn)


SAMPANG – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95 Tahun 2015 di Desa Olor Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang Madura, Kamis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News