TMP Bakal Gelar Parade Kebinekaan di Majalengka demi Suarakan Pancasila

TMP Bakal Gelar Parade Kebinekaan di Majalengka demi Suarakan Pancasila
Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam sebuah kirab budaya. Foto: dokumentasi TMP

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi kepemudaan Taruna Merah Putih (TMP) berencana menggelar parade kebinekaan secara besar-besaran di Majalengka, Jawa Barat, Mingu (23/7). Acara yang akan melibatkan puluhan ribu peserta kirab itu bertujuan untuk menyuarakan pentingnya Pancasila dan kebinekaan.

Parade hasil kerja sama TMP dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) itu akan dimulai pada pukul 07.00 WIB dari Jalan Ahmad Yani dan menempuh rute sepanjang 2 kilometer. Ketua Panitia Parade Kebinekaan Tati Purnawati mengatakan, kegiatan itu akan melibatkan sekitar 20 ribu peserta yang terdiri dari berbagai elemen di Majalengka.

Menurut Tati, pihaknya juga mengundang kalangan ormas Islam termasuk NU, Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis). Selain itu, parade juga akan melibatkan organisasi kepemudaan ataupun kemahasiswaan seperti GP Ansor, Pemuda Pancasila, FKPPI, HMI, IMM, PMII, GMNI, GMKI dan lain-lain.

“Kami juga mengundang semua organisasi pemuda dari sayap partai. Kami undang semua pokoknya demi persatuan," ungkap Tati.

Parade itu akan mengusung keragaman budaya termasuk kirab pakaian adat dan tokoh agama. Selain itu, parade juga akan menampilkan keragaman kuliner khas Majalengka.

Sedangkan di Alun-alun Majalengka akan ada pelepasan 1.500 balon berwarna merah-putih sebagai lambang persatuan. Parade ini juga akan dihadiri Bupati Majalengka Sutrisno.

"Mari kita rayakan, nikmati dan saling menghargai perbedaan. Dengan cara itu, Indonesia akan maju," ungkap Tanti.

Lebih lanjut Tati menjelaskan latar belakang parade itu. Yakni makin tergerusnya nilai-nilai Pancasila dan kebinekaan.

Organisasi kepemudaan Taruna Merah Putih (TMP) berencana menggelar parade kebinekaan secara besar-besaran di Majalengka, Jawa Barat, Mingu (23/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News