Tol Kartasura-Sragen Resmi Dioperasikan, Sebegini Tarifnya

Tol Kartasura-Sragen Resmi Dioperasikan, Sebegini Tarifnya
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah pejabat di Gerbang Tol Ngemplak, Boyolali dalam rangka peresmian Jalan Tol Kartasura-Sragen bagian dari Tol Solo-Ngawi, Minggu (15/7). Foto: istimewa for JPG

jpnn.com, BOYOLALI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi untuk ruas Kartasura-Sragen, Mingu (15/7). Peresmian jalan tol sepanjang 35,22 kilometer itu dilakukan di Gerbang Tol (GT) Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

"Saya gembira karena jalan tol ruas Kartasura-Sragen selesai. Dan secara bertahap ruas Tol Trans Jawa tersambung dari Merak hingga Banyuwangi," ujar Jokowi pada persemian Jalan Tol Kartasura-Sragen.

Terlihat mendampingi Jokowi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani. Menurut Basuki, pembangunan Jalan Tol Solo-Ngawi membutuhkan investasi sebesar Rp 13,4 triliun.

Basuki menjelaskan, ruas tol itu akan dipadukan dengan jalur kereta Bandara Adi Soemarmo. “Jalur kereta api ke bandara sudah mulai dikerjakan," ujarnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah menetapkan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif Jalan Tol Kartasura-Sragen. Merujuk Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR No 388/KPTS/M/2018 tanggal 8 Juni 2018, maka tol itu akan resmi berbayar pada 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno menjelaskan, berdasar SK Menteri PUPR maka tarif untuk kendaraan golongan I yang melintasi ruas tol Kartasura-Sragen sebesar Rp 35.000. "Mulai sore ini (Minggu) masyarakat bisa menikmati kembali Jalan Tol Solo-Ngawi. Namun mulai Selasa, 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB sudah diberlakukan tarif," jelas David.

Tol Kartasura-Sragen Resmi Dioperasikan, Sebegini Tarifnya

Jalan Tol Solo- Ngawi menerapkan cashless payment. Dengan demikian pengendara kendaraan yang akan melintasi jalan tol itu harus menyiapkan uang elektronik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Solo-Ngawi untuk ruas Kartasura-Sragen sepanjang 35,22 kilometer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News