Tol Laut Dorong Perdagangan Antar Pulau di Saumlaki

Tol Laut Dorong Perdagangan Antar Pulau di Saumlaki
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau tol laut. Foto dok Humas Kemenhub
jpnn.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kehadiran program tol laut Presiden Joko Widodo mendorong perdagangan antar pulau di Saumlaki.    Budi menjelaskan, sebelumnya masyarakat di Saumlaki tidak mengerti adanya perdagangan antar pulau karena masyakarat menilai perdagangan antar pulau itu mahal dan terlalu jauh.    Karena itu Budi menilai keberadaan tol laut selain bisa menurunkan disparitas harga di daerah terpencil dan terluar, juga bisa mendorong masyarakat menjadi kreatif dan memiliki usaha baru bagi masyarakat yang bernilai ekonomi.

Dengan masuknya Saumlaki dalam rute jaringan tol laut kata Budi menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku, terlebih saat kapal yang bermuatan sembako itu merapat di Pelabuhan Saumlaki.

“Di Saumlaki begitu ada kapal tol laut itu seperti berkah yang luar biasa bagi mereka, begitu ada kapal sembako datang di mana ada potensi untuk mengembalikan (muatan) dari sana menuju Pulau Jawa dan pulau lainnya,” kata Budi di Ternate, Senin (8/5).   Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tahun ini tengah fokus untuk membangun Indonesia Timur. Terdapat dua program untuk membangun Indonesia Timur yaitu tol laut dan tol udara.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News