Tol Pandaan - Malang Seksi 1 – 3 Beroperasi Mei 2019

Tol Pandaan - Malang Seksi 1 – 3 Beroperasi Mei 2019
Konstruksi Tol Pandaaan-Malang. Foto dok humas PT PP

jpnn.com, JAKARTA - Jalan Tol Pandaan - Malang seksi 1 sampai 3 akan mulai dioperasikan paling lambat Mei 2019. Saat ini progres konstruksi sudah mencapai 99,17 persen.

“Paling lambat awal Mei akan dioperasikan dari seksi 1 sampai 3, sepanjang 30-an kilometer,” kata Direktur Utama (dirut) PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo seperti diberitakan Jawa Pos.

Jalan Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,488 Kilometer. Jalan tol ini terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 Kilometer. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 Kilometer; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 Kilometer; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 Kilometer; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 Kilometer.

Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Jalan tol ini melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Agus mengatakan, proses konstruksi masih berjalan untuk seksi 4. Agus berharap pengoperasian bisa dilakukan berbarengan seksi 1 sampai 4.

BACA JUGA: Pengoperasian Tol Malang - Pandaan Dipercepat, Wouw!

Sementara untuk seksi 5, masih harus berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait ditemukannya sebuah situs yang diduga warisan budaya.

“Situsnya ini berada di ujung, di 3 Km terakhir. Minggu depan akan difinalkan di BPJT, Kementerian PUPR, apa yang perlu kami lakukan. Situs tersebut kami harapkan ya dilestarikan saja sehingga Seksi 5 bisa menjadi destinasi (wisata),” katanya.

Jalan Tol Pandaan Malang alias Mapan seksi 1 sampai 3 bisa beroperasi bulan Mei. Saat ini progres konstruksi sudah mencapai 99,17 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News