Tol Pandaan-Malang Ditargetkan Beroperasi Akhir 2018

Tol Pandaan-Malang Ditargetkan Beroperasi Akhir 2018
Jalan tol. Ilustrasi Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Hingga pertengahan Januari 2018, progres proyek pembangunan fisik tol Pandaan-Malang untuk seluruh seksi gabungan sudah mencapai 42,104 persen.

Targetnya, ruas tol Pandaan-Malang sudah bisa beroperasi akhir tahun ini.

''Pembebasan lahan sudah merealisasikan 80,60 persen,'' tutur AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, Minggu (14/1).

Dia menjelaskan, jalan tol sepanjang 38,488 kilometer tersebut dirancang memiliki lima seksi dan akan terhubung dengan ruas Gempol-Pandaan.

Beroperasinya tol tersebut akan mengurai simpul kemacetan yang ada di jalan arteri. Di samping itu, dapat memangkas waktu tempuh dari Malang menuju Pandaan atau sebaliknya.

”Rampungnya tol Pandaan-Malang dapat mempercepat arus distribusi barang dan jasa, serta meningkatkan perekonomian di Jawa Timur,” tambahnya.

Selain mempercepat pembangunan tol Pandaan-Malang, Kementerian PUPR juga mengejar pengerjaan ruas Ngawi-Kertosono dan Solo-Ngawi yang rencananya mulai beroperasi dalam waktu dekat.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pengoperasian tol Ngawi-Kertosono masih menunggu jadwal resmi dari presiden.

Pembebasan lahan untuk proyek pembangunan tol Pandaan-Malang sudah mencapai 80 persen. Ditargetkan beroperasi akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News