Tol Sewaka-Gandulan Bakal Digratiskan bagi Pemudik

Tol Sewaka-Gandulan Bakal Digratiskan bagi Pemudik
Petunjuk Tol Pemalang-Brebes yang sudah terpasang. Foto: Sulung Pamanggih/Radar Pemalang

jpnn.com, PEMALANG - Para pemudik Lebaran yang melalui Pintu Tol Gandulan di Pemalang, Jawa Tengah tidak akan dipungut biaya. Sebab, jalur Trans Jawa Sewaka- Gandulan sepanjang 10 km tersebut masih dalam proses uji kelayakan.

Manajer Teknis PT Waskita Karya Wilayah Sewaka-Cibiyuk Wawan Prasetyo mengatakan, jalur tersebut baru akan dioperasionalisasikan setelah resmi diuji coba. Menurutnya, proses pengerjaannya saat ini sudah mencapai 95 persen.

Pekerjaan yang amsih tersisa adalah melengkapi kelistrikan, rambu-rambu, lampu penerangan dan guard rail termasuk rambu-rambu dan lampu penerangan, serta merampungkan guard rail atau batas pengaman jalan. "Saat arus mudik nanti masih gratis, karena secara uji masih dalam proses," katanya seperti diberitakan radartegal.com.

Sedangkan untuk ruas Gandulan ke timur hingga Cibiyuk di Kecamatan Petarukan tetap bisa dilewati meskipun masih fungsional dengan menggunakan lapisan aspal sementara. "Harusnya tidak aspal, tapi Gandulan ke Timur sampai Cibiyuk ini kita fungsionalkan, dua jalur," imbuhnya.

Pada ruas Sewaka- Gandulan tampak jalur tersebut sudah rapi dan hampir selesai. Tiang untuk penerangan sudah berdiri meski belum terdapat lampu.

Marka tol penunjuk arah juga sudah terpacak di beberapa titik. Sementara para pekerja masih terlihat merampungkan pembangunan toll gate, dan juga pembatas jalan.

Menurut Wawan, keputusan untuk membuka jalur itu bagi pemudik masih menunggu koordinasi dari Kakorlantas Polri.(sul/har/zul/jpg)


Pihak Waskita Karya telah menguji coba jalur Tol Trans Jawa Sewaka- Gandulan termasuk untuk keperluan mudik Lebaran 2018.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News