Tolak Komentar soal Pilgub Jatim, Gus Ipul-Anas Ajak Pesantren Jaga Kesatuan

Tolak Komentar soal Pilgub Jatim, Gus Ipul-Anas Ajak Pesantren Jaga Kesatuan
Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Ponpes Bustanul Makmur, Banyuwangi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kompak menyikapi situasi sosial dan politik yang sering dibumbui isu SARA. Gus Ipul-Anas merasa prihatin.

Anas mengatakan, rasa kebangsaan perlu terus diperkuat. Tenun kebangsaan jangan sampai robek hanya karena perbedaan politik di pilkada yang kemudian dibesar-besarkan. Dalam hal ini, pesantren punya peran kuat untuk menjaga kesatuan bangsa.

“Pandangan-pandangan Islam yang moderat harus terus dikampanyekan di tengah kondisi bangsa yang kerap dirundung isu SARA dalam beberapa waktu terakhir ini," ungkap Anas saat acara di Ponpes Bustanul Makmur, Banyuwangi, Rabu (17/5).

Pandangan keberagamaan dan kebangsaan yang moderat, lanjut Anas, merupakan bagian penting yang diajarkan di pesantren-pesantren. “Pesantren dengan ajarannya yang tawasuth (moderat) menjadi modal penting bagi bangsa untuk menjaga kedamaian, toleransi dan kebhinekaan,” ujar Anas.

Ajakan itu juga digaungkan Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang turut hadir dalam acara tersebut. Sampai saat ini, kondisi sosial politik Jawa Timur masih adem. Situasi Jawa Timur yang kondusif tersebut tak lain karena banyaknya forum-forum yang mempertemukan berbagai elemen masyarakat.

“Forum-forum keumatan seperti halnya haul, pengajian, istighosah, wayangan dan media kesenian lainnya, inilah yang membuat masyarakat Jatim akrab. Sehingga bisa menjaga Jatim tetap adem, termasuk di Banyuwangi yang sering kumpul para tokoh agama dan tokoh masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu, baik Gus Ipul maupun Anas menolak berkomentar terkait sejumlah survei yang menyebut keduanya dinilai sebagai kandidat yang layak maju dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang. Meski kerap tampil bersama, keduanya mengelak bahwa kebersamaan tersebut terkait dengan Pilkada Jatim.

"Saya diundang pesantren ya pasti datang. Kalau soal kebersamaan, saya sama Pak Anas ini sudah akrab sejak dulu, bukan sekarang saja. Dulu sama-sama di Gerakan Pemuda Ansor," kata Gus Ipul.

Wakil Gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kompak menyikapi situasi sosial dan politik yang sering dibumbui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News