Tolong!! Begini Kondisi Jalan Nasional Trans Papua

Tolong!! Begini Kondisi Jalan Nasional Trans Papua
Sejumlah mobil angkutan umum dan truk terjebak dalam kubangan lumpur di ruas jalan Trans Papua Merauke-Boven Digoel. Foto: Longginus Rooy for Cenderawasih Pos

jpnn.com - jpnn.com -Jarak tempuh Merauke-Boven Digoel di Papua kini bertambah. Biasanya hanya ditempuh dalam hitungan jam, sekarang harus berhari-hari.

Jalan Nasional Trans Papua yang menghubungan dua daerah itu dalam kondisi rusak parah. “Sekarang ini bisa dilalui antara 3-4 hari. Tergantung nasib di jalan. Kalau cepat keluar dari kubangan lumpur, berarti bisa cepat,” kata Izak Wangge, salah seorang sopir angkutan umum Merauke-Boven Digoel saat ditemui Cenderawasih Pos di Terminal Pasar Wamanggu Merauke, Rabu (25/1).

Izak menyebutkan, kerusakan jalan Trans Papua ini mulai dari Kali Mandom, perbatasan antara Kabupaten Merauke sampai Tanah Merah ibu kota Kabupaten Boven Digoel.

Sepanjang jalan itu menurut Izak, tercatat tujuh titik kerusakan yang paling parah. “Kerusakannya sudah lebih dari medan off road. Kadang membuat kami menangis saat melewati titik-titik itu,” ungkapnya.

Tujuh titik terparah itu menurut Izak berada di Kilometer 12 Kampung Kuda Boven Digoel, Kilometer 21 arah Boven Digoel, Kilometer 35 arah Boven Digoel, di Prabu Arah Asiki, Ujung Aspal Mandobo, dan Kampung Miri sebanyak dua titik.

Menurut Izak, kerusakan jalan ini tidak hanya membuat sopir dan kondektur menderita tapi juga penumpang khususnya anak-anak. Sebab, persiapan makanan yang dibawa selama perjalanan kadang tidak cukup. "Kemarin itu ada yang antar jenazah dari Boven Digoel menuju Merauke dan tiga hari baru bisa tiba,” ucapnya dengan nada prihatin.

Kondisi jalan yang rusak berat ini, dibenarkan oleh sopir lainnya, Longginus Rooy, sopir angkutan Merauke-Boven Digoel. Menurut Longginus, kerusakan jalan darat Merauke-Boven Digoel ini membuat bahan makanan di Tanah Merah ibu kota Boven Digoel jadi mahal.

Sebab, jalan penghubung Merauke-Boven Digoel jadi putus, sehingga truk-truk pengangkut bahan makanan tidak bisa lewat lagi. “Kalau ada yang coba memaksa dari Asiki-Tanah Merah itu akan menemui banyak kendala di jalan,’’ jelasnya.

Jarak tempuh Merauke-Boven Digoel di Papua kini bertambah. Biasanya hanya ditempuh dalam hitungan jam, sekarang harus berhari-hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News