Tolong Pahami ya, Lulusan SMK Dipersiapkan untuk Kerja

Tolong Pahami ya, Lulusan SMK Dipersiapkan untuk Kerja
Pelepasan praktik kerja industri (Prakerin) siswa SMKN 1 Tanjung Selor, Sabtu (11/3). Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, BULUNGAN - jpnn.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kubudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara), Sigit Muryono, mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami keberadaan lulusan Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK).

Sejatinya lulusan SMK tidak dipersiapkan melanjutkan ke pendidikan tinggi melainkan untuk dunia kerja.

“Tapi lulusan SMK dipersiapkan untuk bekerja,” ujarnya ditemui seusai pelepasan praktik kerja industri (Prakerin) siswa SMKN 1 Tanjung Selor, Sabtu (11/3).

Sigit menegaskan, dengan masuk ke dunia usaha dan industri tersebut, tidak lantas proses pendidikan atau peningkatan mutu secara personal terhenti secara total.

Selain itu, kata pria yang akrab disapa Sigit ini, lulusan SMK yang sudah bekerja masih tetap dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun di pendidikan tinggi yang linier (berkaitan) dengan pendidikan vokasi atau pendidikan tinggi yang menunjang penguasaan keahliaan terapan tertentu.

“Karena pendidikan vokasi ini menjadi tulang punggung pendidikan yang erat hubungannya dengan dunia usaha dan industri,” pesannya.

Pendidikan vokasi, menurut Sigit untuk meningkatkan keahliaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kubudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara), Sigit Muryono, mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News