Tolong Petani Stroberi dengan Sensor Load Cell

Tolong Petani Stroberi dengan Sensor Load Cell
Nanang bersama alat temuannya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Alat penyeleksi buah yang ditemukan oleh mahasiswa Stikom Surabaya Nanang Widianto bisa jadi membuat para petani Stroberi senang. Sebab dengan sensor load cell, stroberi bisa terseleksi berdasar beratnya. Harga jual pun terdongkrak.

Nanang memperagakan kemampuan alat selector stroberi ciptaannya di kampus. Satu per satu stroberi dimasukkan ke conveyor system mekanik yang dapat memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Kemudian, stroberi akan jatuh di atas load cell (komponen utama pada sistem timbangan digital). Di situ bakal diketahui berat setiap stroberi. Pemilahan dilakukan dengan motor servo.

''Nanti terpisah sendiri sesuai dengan berat,'' katanya. Ada tiga kategori berat. Yakni, ukuran kecil (2-8 gram), ukuran sedang (8-16 gram), dan besar (lebih dari 16 gram).

Nanang menjelaskan, ide menciptakan alat tersebut muncul dari kampung halamannya di Tawangmangu, Jawa Tengah. Banyak petani stroberi yang sulit menyeleksi buah hasil panen. Mereka pakai cara manual. Saking sulitnya, sampai jarang petani yang mau memilah. ''Mau kecil, sedang, atau besar, mereka jual campur,'' ungkapnya.

Apa akibatnya? Nilai jual stroberi lebih murah. Padahal, kalau sudah diseleksi berdasar berat, stroberi dengan ukuran besar bisa dijual di supermarket. Harganya pasti tinggi. ''Jadi, bisa menambah nilai jual,'' ujar mahasiswa sistem komputer tersebut.Inovasinya memang ditujukan kepada para petani. (ayu/c14/roz) 

Satu per satu stroberi dimasukkan ke conveyor system mekanik yang dapat memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Hasilnya...


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News