Tommy Soeharto Berpeluang jadi Capres tapi...

Tommy Soeharto Berpeluang jadi Capres tapi...
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Adi Prayitno menilai, syarat ambang batas pencalonan menjadi penentu berapa banyak pasangan calon presiden yang akan bertarung pada Pilpres 2019 mendatang.

Jika presidential threshold nol persen, maka dipastikan akan muncul poros capres lain di luar nama Joko Widodo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Partai-partai menengah ke bawah berpotensi mengusung calon masing-masing untuk beradu keberuntungan dalam bursa capres 2019 mendatang.

"Banyak prediksi nama seperti Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo (HT), Tommy Soeharto, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dan sejumlah nama lain saya kira berpeluang meramaikan pencapresan," ujar Adi kepada JPNN, Kamis (20/7).

Namun kata Adi, peluang Tommy sangat tipis. Pasalnya, sampai saat ini belum terlihat kendaraan politik yang kemungkinan akan mengusung Tommy.

"Jadi peluangnya tipis, bahkan mustahil karena banyak alasan. Salah satunya tak punya kendaraan politik. Selain itu juga punya cacat hukum masa lalu dan sebagainya," kata Adi.

Faktor-faktor tersebut kata Adi, sepertinya menutup peluang putra Presiden ke-2 RI Soeharto tersebut maju dalam Pilpres 2019 mendatang.(gir/jpnn)


Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Adi Prayitno menilai, syarat ambang batas pencalonan menjadi penentu berapa


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News