Tommy Soeharto Punya Kans Bersaing dengan Jokowi dan Prabowo

Tommy Soeharto Punya Kans Bersaing dengan Jokowi dan Prabowo
Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Foto: dokumen JawaPos.Com

jpnn.com, JAKARTA - Peluang Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal Tommy Soeharto, maju sebagai calon presiden sama besar dengan sejumlah tokoh lainnya. Baik itu dengan Presiden Joko Widodo, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono maupun tokoh lain.

Menurut pengamat politik dari Universitas Mercu Buana Maksimus Ramses Lalengkoe, peluang terbuka lebar jika akhirnya rapat paripurna DPR memutuskan syarat ambang batas presiden ditiadakan dalam Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu yang saat ini tengah dibahas dalam rapat paripurna DPR.

"Jadi peluang akan sangat terbuka jika presidential threshold nol persen. Namun jika 20-25 persen tentu ceritanya akan lain. Karena partai-partai akan mencoba membangun koalisi yang cukup besar," ujar Maksimus kepada JPNN, Kamis (20/7).

Menurut dia, peluang Tommy juga terbuka jika partai yang disebut-sebut bakal mengusungnya lolos verifikasi dan dinyatakan sebagai partai politik peserta Pilpres 2019. Namun tentu hal tersebut masih harus dilihat dari syarat lengkap pencalonan nantinya.

Sebelumnya disebut-sebut ada dua parpol baru yang kemungkinan akan mengusung Tommy. Yaitu Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Berkarya. Kedua partai ini bahkan dikabarkan telah berkomunikasi untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Sementara itu saat ditanya terkait peluang Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh, Maksimus juga menyebut nada senada. Namun peluangnya kemungkinan sebagai pasangan calon wakil presiden, untuk mendampingi Joko Widodo.

"Surya Paloh saya kira bisa berpasangan dengan Jokowi, tapi peluang-peluang itu saya kira terbuka untuk semua tokoh," pungkas Maksimus. (gir/jpnn)


Peluang Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal Tommy Soeharto, maju sebagai calon presiden sama besar dengan sejumlah tokoh lainnya. Baik itu dengan


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News