Top! 14 Persen Alumni STP-NHI Bandung Berwirausaha

Top! 14 Persen Alumni STP-NHI Bandung Berwirausaha
Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara wisuda STP-NHI Bandung, Senin (13/3). Foto: Kemenpar

jpnn.com, BANDUNG - Wajah riang terpancar dari 499 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang memenuhi dom perguruan tinggi yang sebelumnya bernama National Hotel Institute (NHI) itu, Senin (13/3). Mereka adalah wisudawan dan wisudawati STP-NHI Bandung yang berhasil menyabet gelar diploma, sarjana ataupun pascasarjana.

Ketua STP NHI Bandung Anang Sutono dalam laporannya mengatakan, para wisudawan dan wisidawati itu terdiri dari 297 penyandang diploma III, 128 peraih diploma IV, 71 sarjana dan tiga orang pascasarjana. Menurutnya, lulusan STP-NHI Bandung merupakan jaminan mutu.

"STP NHI Bandung memiliki capaian 100 persen lulusan terserap oleh pasar tenaga kerja dengan 40 persen dari alumni STP Bandung bekerja di luar negeri,” ujar Anang di acara wisuda yang juga dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar hingga ratusan tamu undangan lainnya itu.

Anang di acara wisuda bertema Wonderful People for Wonderful Indonesia itu juga menceritakan tentang lulusan STP-NHI Bandung yang merambah berbagai negara. “Bahkan saat kunjungan kerja ke Berlin, Bapak Menteri (Menpar Arief Yahya, red) menyampaikan bertemu dengan alumni STP NHI di mana-mana,” tutur Anang.

Sedangkan MenPAN-RB Asman Abnur mengakui manfaat sektor pariwisata dalam penyerapan tenaga kerja. Menteri yang mengurusi PNS itu bahkan menyebut bekerja di sektor pariwisata akan menjadi favorit.

"Peluang kerja sangat terbuka, peluang industri pariwisata untuk berkembang terbuka luas, dan sektor pariwisata yang akan menjadi favorit ke depannya,” katanya.

Pada kesempatan sama, Wagub Jabar Deddy Mizwar menyampaikan pesan tentang perlunya sumber daya manusia yang mampu berkompetisi secara global. Dalam pandangan Deddy, selama ini STP-NHI Bandung mampu menjadi center of excellence atau pusat unggulan.

“Semoga ke depan STP Bandung dapat terus menjadi center of exellence serta menghasilkan SDM unggulan yang mampu berperan dalam entrepreneurship dan terus mampu bersaing di level global,” harapnya.

Wajah riang terpancar dari 499 mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung yang memenuhi dom perguruan tinggi yang sebelumnya bernama National

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News