TOP! Prestasi Siswa Indonesia Dalam Ajang International High Schools Arts Festival

TOP! Prestasi Siswa Indonesia Dalam Ajang International High Schools Arts Festival
Medali. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com, TOKYO - Perhelatan International High Schools Arts Festival dilaksanakan dari tanggal 8-11 Agustus 2017 di Tokyo, Jepang. Penyelenggara dari kegiatan ini adalah International Foundation for Arts and Culture (IFAC).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas di bidang seni khususnya poster dan lukisan, serta menambah pengalaman seni dan budaya untuk para siswa pendidikan menengah lintas negara. Tahun ini merupakan tahun ke-18 penyelenggaraan kompetisi ini.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh pihak IFAC ini diikuti oleh 18 negara untuk kategori poster dan lukisan. Selain kategori tersebut, juga ada kategori untuk seni dan budaya Jepang.

Pada kategori poster dan lukisan, setiap negara maksimal mengirim 6 nominasi karya terbaik untuk dikirim langsung ke pihak IFAC, kemudian diputuskan satu pemenang dari setiap negara untuk hadir pada acara penganugerahan pemenang. 6 nominasi karya terbaik yang dikirim adalah merupakan pemenang dari kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2016 yang diselenggarakan di Kota Manado, Sulawaesi Utara pada bidang poster kategori putera dan puteri.

Upacara penganugerahan pemenang diadakan pada tanggal 9 Agustus 2017 di ballroom hotel Ritz Carlton Tokyo. Upacara dibuka oleh Chairman IFAC 2017, Mr. Haruhisa Handa.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan, para duta seni dan budaya dari berbagai negara bisa hadir di tempat ini, semoga melalui kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan bisa saling bertukar informasi baik seni dan budaya maupun bidang lainnya.” tutur Handa.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan kedutaan besar masing-masing negara. Bapak Eko Junor sebagai Minister Counsellor turut hadir mewakili KBRI di Jepang. Delegasi Indonesia terdiri dari Muhammad Naufal Giffari dari SMAN 1 Mataram sebagai peserta dan Robin Kristian dari Direktorat Pembinaan SMA sebagai pendamping/observer.

Acara puncak yang dinantikan adalah pengumuman medali untuk para pemenang. Masing-masing pemenang dari berbagai negara diundang naik ke atas panggung untuk menerima medali dan memberikan speech selama 1 menit untuk menjelaskan makna dari karya tersebut.

Perhelatan International High Schools Arts Festival dilaksanakan dari tanggal 8-11 Agustus 2017 di Tokyo, Jepang. Penyelenggara dari kegiatan ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News