Top! Tim Robot Politeknik Negeri Batam Empat Besar Dunia

Top! Tim Robot Politeknik Negeri Batam Empat Besar Dunia
Tim robot sepak bola Politeknik Negeri Batam foto bersama dengan peserta dari negara lain saat mengikuti kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 di Kinjo-futo, Nagoya, Jepang Kamis (27/7) lalu. F. Poltek Batam for BP

jpnn.com, JEPANG - Tim robot sepak bola Politeknik Negeri Batam (Barelang FC) mengukir sejarah dalam Kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan di Kinjo-futo, Nagoya, Jepang Kamis (27/7) hingga Minggu (30/7).

Meski baru pertama kalinya ikut RoboCup untuk kategori Humanoid Kid Size, Barelang FC sudah lolos ke semi final.

Tim robot ini beranggotakan enam mahasiswa, yakni Hanjaya Mandala, Reno Saputra, Fadhlul Azmi, Akhbar Ferdeansyah, Gobar Bethara, dan Karen Paulus.

Mereka membawa lima robot dengan kemampuan bermain sepak bola di atas lapangan rumput sintetis. Kelima robot tersebut merupakan hasil riset dan buatan tim di bawah bimbingan Eko Rudiawan, Susanto, Hendawan Soebhakti dan Nur Rafia Dija.

Tim bertolak dari Batam sejak 23 Juli yang lalu. Barelang FC berangkat menuju Jepang dengan tekad mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.

Bersama offial dari manajemen Politeknik Negeri Batam, Official Referee Indonesia, dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Barelang FC mendarat di Chubu Centrair International Airport, Nagoya, Jepang 24 Juli lalu.

Pembantu Direktur III Politeknik Negari Batam, Muslim Ansori mengatakan Robocup 2017 merupakan ajang piala dunia sepak bola robot yang digelar setiap tahun.

Setiap tim harus membuat robot yang dapat bermain sepak bola tanpa dikendalikan (autonomous) dan memiliki kemampuan berkoordinasi antar robot untuk mengatur strategi permainan secara otomatis.

Tim robot sepak bola Politeknik Negeri Batam (Barelang FC) mengukir sejarah dalam Kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News