Tragedi Bus Rem Blong, Kesaksian Penumpang Selamat

Tragedi Bus Rem Blong, Kesaksian Penumpang Selamat
Salah satu mobil yang ditabrak Bus Kitrans di Jalan Raya Puncak Desa Ciloto, Cianjur, kemarin. Foto: RADAR CIANJUR

jpnn.com, BOGOR - Dalam empat bulan terakhir, puluhan nyawa melayang karena insiden yang melibatkan bus pariwisata. Hampir semua insiden disebabkan rem blong!

Terbaru, kemarin (30/4) bus pariwisata Kitrans dengan nomor polisi B 7057 BGA nyungsep di kawasan Puncak.

Tepatnya di Desa Ciloto, Cianjur. Bus berisi 50 penumpang itu sedang menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Kebun Raya Cibodas.

Berdasar pengakuan penumpang, rem bus itu blong. Sebelum insiden, kernet sempat mengingatkan penumpang tentang kondisi tersebut agar mereka berpegangan erat.

Sebelum nyemplung ke jurang sedalam 20 meter, bus menghajar beberapa kendaraan. Antara lain Toyota Avanza dengan nomor polisi B 1087 BIO, Toyota Rush putih dengan nomor polisi B 1672 PYW, Toyota Avanza silver B 1608 BKV, pikap yang bermuatan sayuran dengan nomor polisi F 8312 YA, dan satu unit angkot jurusan Cipanas–Puncak. Beberapa sepeda juga menjadi korban.

Total, 11 nyawa melayang gara-gara kecelakaan itu. Belasan korban lain dirawat di rumah sakit yang berada di Jakarta.

”Setelah dengar bus remnya blong, langsung saya pegangan erat sambil baca-baca istigfar,” kata Wawan, penumpang yang selamat.

”Alhamdulillah, masih bisa selamat, tidak sampai luka berat, paling ini lecet-lecet saja. Teman saya ini ada yang sampai harus pakai kursi roda gara-gara kakinya kejepit badan bus,” lanjutnya.

Dalam empat bulan terakhir, puluhan nyawa melayang karena insiden yang melibatkan bus pariwisata. Hampir semua insiden disebabkan rem blong!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News