Tren Belanja Masyarakat Meningkat

Tren Belanja Masyarakat Meningkat
Ilustrasi masyarakat sedang berbelanja di Matahari Department Store. Foto: Kaltim Post/JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur Atqo Mardiyanto mengatakan, peningkatan kondisi ekonomi konsumen pada  triwulan I 2019 disebabkan peningkatan pada ketiga komponen pembentuknya.

Yakni, pendapatan rumah tangga dan peningkatan pada konsumsi barang/jasa serta peningkatan harga barang/jasa yang cenderung tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat.

“Secara agregat, nilai indeks tendensi konsumen mengalami peningkatan menjadi sebesar 105,34,” tuturnya, Selasa (21/5).

BACA JUGA: Ramadan Kerek Belanja Online, Produk Fashion Favorit Konsumen

Jika dilihat berdasarkan variabel pembentuknya, terdapat peningkatan pada komponen pendapatan rumah tangga pada triwulan ini dibanding triwulan sebelumnya.

Namun, tidak diiringi peningkatan yang sama pada tingkat volume konsumsi barang/jasa.

Pada triwulan IV 2018, indeks pendapatan kini sebesar 106,68 lebih rendah dibandingkan indeks volume konsumsi yang mencapai 115,47.

Pada triwulan I 2019, indeks pendapatan kini sebesar 106,54 sedikit lebih tinggi dibandingkan indeks volume konsumsi, yakni sebesar 104,10.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur Atqo Mardiyanto mengatakan, peningkatan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan I 2019 disebabkan peningkatan pada ketiga komponen pembentuknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News