Tujuh Investor Berminat Kelola Air Bersih di Pulau Berbentuk Kalajengking Ini

Tujuh Investor Berminat Kelola Air Bersih di Pulau Berbentuk Kalajengking Ini
Pulau Batam. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melelang pengelolaan air Pulau Batam pada akhir tahun 2018 nanti. Hingga saat ini, sudah ada tujuh investor potensial yang berminat mengikuti lelang ini.

"Lelang pengelolaan air Batam akan digelar pada akhir 2018 atau di awal 2019. Lelangnya bersifat terbuka," kata Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar, seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Robert belum bisa menjelaskan nama-nama dari tujuh investor yang berminat tersebut. Tapi dia menyebut mereka datang dari dalam dan luar negeri.

"Ada perusahaan dari Jepang dan Korea. Dan ada juga investor lokal yang datang dari Jakarta," ungkapnya.

ATB yang telah mengelola air bersih di pulau berbentuk Kalajengking ini selama 22 tahun juga boleh ikut. "Mereka sudah punya pengalaman yang dibutuhkan untuk mengelola air di Batam," jelasnya.

Sedangkan bagi investor asing yang berniat mengikuti lelang, mereka harus mengajak partner lokal sesuai dengan peraturan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal untuk bisa berinvestasi di Indonesia.

Sebelum lelang, BP Batam akan mempersiapkan tim evaluasi akhir kontrak kerja ATB. Tim tersebut terdiri dari BP Batam dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Dan selanjutnya meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan audit terhadap ATB. Tim ini sudah mulai bergerak,” jelasnya lagi.

Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melelang pengelolaan air Pulau Batam pada akhir tahun 2018 nanti. Hingga saat ini, sudah ada tujuh investor potensial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News