Tulus Menangis Nyanyikan Indonesia Raya di Opening Ceremony

Tulus Menangis Nyanyikan Indonesia Raya di Opening Ceremony
Pesta kembang api pada Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TULUS membeberkan cerita di balik momen mengharukan saat dirinya menyanyikan lagu Indonesia Raya pada opening Asian Games 2018, Sabtu (18/8).

Dia mengaku susah membendung air mata saat berada di atas panggung karena sangat terharu.

"Dengan bangga saya meneteskan air mata karena sangat terharu sekali bernyanyi di depan sekian puluh ribu orang Indonesia dengan berbagai latar belakang, daerah asal.

Kita menyanyikan satu lirik yang sama dan itu buat saya sangat indah sekali. Saya berusaha untuk tidak meneteskan air mata tapi nggak bisa," kata Tulus usai tampil di Prambanan Jazz 2018, Yogyakarta, Minggu (19/8) malam.

Panggung pembukaan Asian Games yang megah sempat membebani pemilik album Gajah itu.

Dia mengaku sangat gugup ketika hendak naik panggung. Apalagi lagu yang dibawakan adalah Indonesia Raya.

"Iya (gugup) karena lagu Indonesia Raya itu adalah satu lambang negara, saya nyanyi di bawah undang-undang yang sangat ketat pasti lah ketika di daulat menyanyikan lagu itu ngga bisa becanda tidak hanya lirik, tapi penjiwaannya semuanya," jelasnya.

"Biasanya saya kalau mau nyanyi dengan diam sebentar istirahat sebentar udah cukup tenang tapi kemarin beda sekali, dari siap-siap, perjalanan ke atas panggung yang tinggi sekali itu saya nggak bisa menghilangkan kegugupan saya, mungkin karena saking bersejarahnya lagunya. Energi dari semua penonton yang bernyanyi menghormati bendera itu yang membuat jalan lancar," imbuh Tulus bersemangat.

Tulus sempat gugup saat naik ke panggung Opening Ceremony Asian Games 2018 untuk menyanyikan Indonesia Raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News