Tuna Raksasa Laku Rp 17,7 Miliar

Tuna Raksasa Laku Rp 17,7 Miliar
Tuna Raksasa Laku Rp 17,7 Miliar
TOKYO – Seekor ikan tuna sirip biru (bluefin) raksasa memecahkan rekor harga dalam lelang pertama awal tahun ini di pasar ikan Tsukiji, pusat Kota Tokyo, Sabtu (5/1). Ikan tuna seberat 222 kilogram (2,22 kuintal) itu berhasil terjual JPY 155,4 juta (sekitar Rp 17,7 miliar).

Itu merupakan rekor harga tertinggi dalam lelang ikan tuna di Jepang selama ini. Angka tersebut jauh lebih besar dibandingkan rekor harga lelang di pasar ikan Tsukiji tahun lalu sebesar JPY 54,49 juta (sekitar Rp 6,2 miliar). Tsukiji merupakan pasar grosir ikan dan aneka seafood terbesar di Jepang.

Ikan tuna raksasa itu merupakan hasil tangkapan nelayan dari lepas pantai Kota Oma, utara Jepang. Pemenang lelang adalah Kiyoshi Kimura, bos perusahaan yang mengelola dan bergerak di bidang jaringan restoran terkenal Sushi-Zanmai. Dia juga pemenang rekor lelang tahun lalu.

’’Saya ingin memenuhi harapan para pelanggan kami.  Sebab, mereka bilang bahwa mereka ingin menikmati lagi daging tuna terbaik tahun ini,’’ ujar Kimura seperti dikutip kantor berita Jiji Press seusai lelang yang berlangsung dini hari kemarin. ’’Dengan tuna terbaik ini, saya berharap bisa membahagiakan warga Jepang,’’ tambahnya.

TOKYO – Seekor ikan tuna sirip biru (bluefin) raksasa memecahkan rekor harga dalam lelang pertama awal tahun ini di pasar ikan Tsukiji, pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News