Turis Bakal Serbu Bangka saat Sungailiat Triathlon 2017

Turis Bakal Serbu Bangka saat Sungailiat Triathlon 2017
Triathlon. Foto/ilustrasi: Daily Telegraph

jpnn.com - jpnn.com - Kota Sungailiat yang menjadi pusat Kabupaten Bangka di Provinsi Babel bakal kembali diserbu wisatawan sport tourism lagi. Sedikitnya ada pelari dari 19 negara yang bakal berebut posisi tercepat, terkuat, terhebat di Sungailiat Triathlon 2017 yang akan digelar 20-22 April 2017.

“Ini sudah kali ke empat event internasional yang merupakan kerja bareng antara Kemenpar dan Pemkab Bangka, Babel,” kata Menteri Pariwisaya Arief Yahya.

Sport tourism, kata Arief, merupakan kegiatan pariwisata yang memadukan olahraga renang, bersepeda, dan maraton dengan wisata. Dari tahun ke tahun, animo wisatawan mancanegara (wisman) yang ikut dalam triathlon itu semakin besar.

Biasanya, Sungailiat Triathlon diikuti 400-an peserta dari sedikitnya 19 negara. Misalnya, Aljazair, Australia, Austria, AS, Belanda, Brazil, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania dan Prancis.

Namun, ada data yang menarik dari sport tourism. Yakni direct impact yang lebih kecil ketimbang indirect impact atau media value-nya. Sport tourism berpotensi diliput oleh media-media internasional, sehingga foto dan videonya bisa meluas di seluruh dunia.

Jika dihitung, valuasinya akan sangat besar, bahkan jauh lebih besar dari direct impact yang langsung dirasakan oleh daerah. “Tetapi, wisman sport tourism ini 60 persen akan menjadi repeat visitor. Kalau mereka merasa nyaman dengan alam dan budayanya, mereka akan datang lagi,” kata Arief.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti menilai acara itu semakin baik dan besar serta mampu memberikan dampak yang signifikan dalam pariwisata. Kemenpar mendukung penuh event sport tourism tersebut karena memberikan direct impact terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka.

“Tahun ini tidak hanya triathlon tapi ada kemungkinan event lain seperti mountain bike. Kami ingin mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Bangka. Oleh karena itu, rute dalam Triathlon tahun ini akan melewati objek wisata unggulan Kabupaten Bangka," ujar Esthy.

Kota Sungailiat yang menjadi pusat Kabupaten Bangka di Provinsi Babel bakal kembali diserbu wisatawan sport tourism lagi. Sedikitnya ada pelari dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News