Turunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih, Efektifkah?

Turunkan Berat Badan dengan Diet Air Putih, Efektifkah?
Ilustrasi minum. Foto: New Healthy Guide

jpnn.com - Hampir semua orang mendambakan berat badan ideal. Selain lebih sehat, orang dengan berat badan ideal dapat tampil lebih menarik dan percaya diri. Berbagai macam diet pun ditempuh untuk mendapatkan berat badan ideal. Nah, salah satu diet yang saat ini sedang dilirik adalah diet air putih.

Diet air putih disebut-sebut menjanjikan penurunan berat badan dengan cara yang mudah dan murah. Namun, benarkah diet ini efektif?

Manfaat air putih

Terlepas dari apakah diet air putih efektif atau tidak dalam menurunkan berat badan, air putih memang telah diketahui memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Tak salah jika para ahli selalu mengingatkan untuk selalu minum setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari.

Konsumsi air yang cukup sangat penting untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan.  Sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, kekurangan cairan tubuh sebesar 1-3 persen saja sudah bisa Anda rasakan dampaknya.

Misalnya, terganggunya pengaturan suhu tubuh, kurang fokus, konsentrasi, memori, motivasi, dan produktivitas kerja. Tak hanya itu, Anda juga akan merasa lelah (baik fisik maupun mental) dan timbulnya sakit kepala. Bahkan, pada sebagian orang tertentu, dehidrasi dapat mencetuskan migrain.

Minum air yang cukup juga dapat melancarkan pencernaan dan melegakan sembelit, serta mencegah penumpukan kristal di ginjal yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal. Dan, kabar baiknya, minum cukup air putih dapat membantu menurunkan bobot tubuh dengan berbagai mekanisme.

Tingkatkan laju metabolisme

Diet air putih disebut-sebut menjanjikan penurunan berat badan dengan cara yang mudah dan murah. Namun, benarkah diet ini efektif?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News