Ujian Teori jadi Syarat Kelulusan Sekolah Kejuruan

Ujian Teori jadi Syarat Kelulusan Sekolah Kejuruan
Ujian Teori jadi Syarat Kelulusan Sekolah Kejuruan
JAKARTA — Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Nasional, Joko Sutrisno menegaskan bahwa mata pelajaran kompetensi keahlian teori kejuruan dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran yang akan diujikan di dalam ujian nasional (UN) utama pada jenjang Sekolah Menenag Kejuruan (SMK). Namun demikian soal UN untuk sekolah kejuruan itu tidak akan menyulitkan karena akan disesuakan dengan kompetensi peserta didik.

“Pada pelaksanaan UN sebelumnya, mata uji teori kejuruan merupakan prasyarat untuk melakukan ujian praktek. Namun sekarang akan dijadikan mata uji UN utama,” terangnya di Gedung Kementerian Nasional, Jakarta, Selasa (26/1).

 

Pada pelaksanaan UN SMK tahun pelajaran 2009/2010, terang dia, akan dilaksanakan dengan dua tahap. Yakni, tahap praktik kejuruan dan UN Utama. “Untuk ujian praktek,  dilakukan di masing-masing sekolah dipandu oleh mitra industri, kemudian dilanjutkan  UN Utama yang meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Joko mengatakan, ujian praktik kejuruan termasuk sebagai pembagi rata-rata nilai UN keseluruhan. Dia menyebutkan, nilai minimal lulus untuk ujian praktik kejuruan adalah 7,00. "Total mata uji untuk SMK ada lima," sebutnya.

JAKARTA — Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Nasional, Joko Sutrisno menegaskan bahwa mata pelajaran kompetensi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News