Ulah KPPS di Pilkada Papua Bukan Kali Pertama

Ulah KPPS di Pilkada Papua Bukan Kali Pertama
Ulah KPPS di Pilkada Papua Bukan Kali Pertama

jpnn.com, PAPUA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan ulah dari anggota KPPS di Wamena, Papua, yang membawa kabur kotak suara dari tempat pemungutan suara (TPS) sudah sering terjadi.

Pasalnya, Tito pernah menjadi Kapolda Papua, dan mengetahui betul tingkah laku dan kebiasaan masyarakat di sana.

“Pencurian logistik di Papua di sana, terjadi sudah sejak saya jabat Kapolda Papua. Itu masalah yang kerap ditemukan di sana,” ujar dia, Rabu (27/6).

Jenderal bintang empat ini menambahkan, kasus yang umum terjadi di Papua itu berangkat dari keberpihakan petugas pemungutan suara terhadap pasangan calon.

“Saya dua tahun sebagai Kapolda di sana. Ada juga peristiwa yang sama dulu. Ini terjadi di Kabupaten Jayawijaya, ibu kotanya Wamena. (Logistik pemilu) Ini dibawa kabur. Umumnya alasannya primordialisme, keberpihakan terhadap paslon tertentu,” urai dia.

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini juga mengatakan, cara agar surat suara yang rusak karena dicoblos pelaku tersebut, sudah diamankan oleh pihak KPU Papua.

Untuk mengganti logistik tersebut dengan surat suara atau formulir C1 yang baru dengan menggunakan formulir cadangan.

“Yang belum memilih, mungkin nanti dilakukan pemungutan suara tambahan dengan kesepakatan penyelenggara pemilu dan pengawasnya,” kata dia. (mg1/jpnn)


Tito Karnavian pernah menjadi Kapolda Papua, dan mengetahui betul tingkah laku dan kebiasaan masyarakat di sana.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News