Umbar Mak Byarr! Festival Kesenian Yogyakarta Datang Lagi

Umbar Mak Byarr! Festival Kesenian Yogyakarta Datang Lagi
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Foto: Kemenpar for JPNN.com

jpnn.com, YOGYAKARTA - Ajang yang dinanti warga Yogyakarta dan wisatawan segera tiba. Ada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang siap menyapa. Ajang kesenian tahunan spektakuler ini akan dihelat 27 Juli - 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Puluhan pentas kesenian dan aneka kuliner khas Indonesia yang menggugah selera dipastikan siap menemani wisatawan yang datang. Tema besarnya 'Umbar Mak Byarr!' Umbar. Secara definitif, umbar merupakan bahasa Jawa yang memiliki dua makna dan serupa dengan waktu luang. Pertama, umbar sebagai aktivitas beristirahat, bermain (-main), hingga inkubasi, dan Kedua, umbar sebagai wujud mengekspresikan sesuatu (mengumbar) secara total; ide, gagasan, maupun kreativitas.

“Harapannya, event ini menjadi ruang untuk mengekspresikan gagasan bermain-main bagi semua pihak yang berkontribusi di dalamnya; seniman, budayawan, desainer, pembuat acara, maupun pasar seni. Ada juga engagement dan kreativitas pada audiens saat berinteraksi. Output lainnya, FKY diharapkan mampu menjadi ruang bagi masyarakat untuk sejenak melepas kepenatan, mendapatkan kesegaran jiwa raga, dan kreativitas baru saat bermain-main di FKY,” terang Koordinator Kegiatan FKY ke-29, Fitria Dyah Anggraeni, Rabu (12/7).

Rangkaian persiapan kegiatan FKY telah diumumkan ke publik melalui beberapa akun media sosial yang dikelola FKY. Rangkaian kegiatan yang sudah diumumkan termasuk open call Pameran Perupa Muda (Paperu) dan open call untuk perekrutan volunteer, penerimaan video-video untuk Bioskop FKY dan untuk Pendaftaran tenant/stand.

"FKY tahun ini, kami menyediakan 100 stand seni kreatif secara cuma-cuma alias gratis, bagi tenant yang memiliki produk kreatif dan telah lolos seleksi tim kurator," ungkap Fitria.

Fitria menjelaskan, dalam FKY 29 ini akan ada diskusi seni di mana akan ada sesi seminar atau talkshow dengan narasumber seniman kondang dan diskusi tentu saja boleh dihadiri siapa saja yang tertarik dengan tema diskusi. Juga ada workshop seni. Workshopnya bermacam-macam dan biasanya diperuntukkan bagi anak-anak supaya lebih mengenal warna di dunia seni.

"Juga ada pameran perupa muda. Pameran ini dibuat khusus untuk mewadahi bakat baru di dunia seni rupa. Ribuan karya bisa masuk setiap tahun dan hanya puluhan yang dapat tersaring untuk ditampilkan di FKY. Open submission untuk perupa muda sudah dibuka loh," ungkap Fitria.

Selain itu, ada bioskop Festival Kesenian Yogyakarta yang biasanya sangat ramai. Digelar di area terbuka dengan layar tancap dan tikar untuk menonton.

Ajang yang dinanti warga Yogyakarta dan wisatawan segera tiba. Ada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang siap menyapa. Ajang kesenian tahunan spektakuler

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News