Unas 2017, Siswa Bebas Pilih Mapel yang Diujikan

Unas 2017, Siswa Bebas Pilih Mapel yang Diujikan
Ujian Nasional (Unas) sistem online. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan perubahan drastis dalam pelaksanaan Ujian Unas (Unas) 2017 jenjang SMA.

Yakni memberi kebebasan siswa untuk memilih mata pelajaran yang diujikan. Kebijakan ini dinilai sebuah blunder Kemendikbud.

Pada unas tahun-tahun sebelumnya, siswa SMA menghadapi enam mata pelajaran yang ditetapkan Kemendikbud.

Mata pelajaran utama yang diujikan adalah bahasa Indonesia, matematika, dan bahasa Inggris. Tiga mata pelajaran lainnya sesuai dengan penjurusan masing-masing.

Siswa penjurusan IPA menggarap kimia, biologi, dan fisika. Anak IPS mengerjakan geografi, sosiologi, dan ekonomi. Kemudian murid jurusan bahasa menghadapi bahasa dan sastra Indonesia, antropologi, dan bahasa asing.

Nah perubahan radikal dalam Unas 2017 nanti adalah, mata pelajaran yang diujikan dikepras dari enam menjadi empat.

Tiga mata pelajaran utama (bahasa Indonesia, matematika, dan bahasa Inggris) tetap diujikan. Sisanya siswa boleh memilih salah satu dari tiga mata pelajaran sesuai jurusan masing-masing.

Misalnya anak program IPA memilih mata pelajaran biologi untuk unas. Maka anak yang memilih biologi ini, tidak mengerjakan fisika dan kimia saat unas.

JPNN.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan perubahan drastis dalam pelaksanaan Ujian Unas (Unas) 2017 jenjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News