Ungkap 1 Ton Sabu-sabu, 27 Polisi Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Ungkap 1 Ton Sabu-sabu, 27 Polisi Diberi Kenaikan Pangkat Luar Biasa
Acara Korps Rapor di Mapolda Metro Jaya, Kamis (17/8) dalam rangka pemberian kenaikan pangkat luar biasa kepada 27 anggota Polri yang berhasil mengungkap penyelundupan 1 ton sabu-sabu. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) kepada 27 anggota Polda Metro Jaya yang berhasil mengungkap kasus satu ton sabu-sabu di Anyer, Banten beberapa waktu lalu. Tito mengatakan, penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi Polri kepada anggotanya yang berprestasi. 

“Sebagaimana diketahui, tim gabungan di Polda Metro Jaya dan Mabes telah mengungkap jaringan narkotika sabu-sabu yang spektakuler yaitu satu ton berikut dengan kapal. Ini angka terbesar dalam sejarah narkoba selama ini," kata Tito dalam acara Korps Rapor di Mapolda Metro Jaya, Kamis (17/8).

Tito menilai pengungkapan kasus sabu-sabu satu ton itu turut mengangkat nama institusi dan mengharumkan seluruh anggota Polri. Pengungkapan itu juga merupakan yang terbesar dibanding yang pernah diungkap instansi penegak hukum lainnya.

Bahkan, kata Tito mengutip info dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso, pengungkapan itu termasuk terbesar dalam sejarah Asia Tenggara. Menurutnya, hal itu menjadi bukti Indonesia merupakan pasar bagi sindikat narkoba internasional.

"Dengan barang bukti yang besar, ini membuktikan Indonesia market narkoba internasional. Hanya bisa ditangani memotong penyuplaian dan permintaan. Karena itu saya minta reserse bagaimana memotong itu," jelas Tito.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, pengungkapan tersebut juga mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR, Rabu (17/8). Presiden Jokowi, kata Tito, menyampaikan pujian atas kinerja Polri mengungkap kasus itu.

“Dalam pidato terima kasih di antaranya kepada Polri dan dikutip beliau adalah pengungkapan narkoba satu ton. Itu adalah pidato kenegaraan," jelas Tito. 

Di antara 27 anggota Polda Metro Jaya yang menerima kenaikan pangkat luar biasa adalah AKP Malvino Edward, AKP Ashabul Kahfi, AKP Rosana A Labobar, Brigadir Fransiscus J Novanto dan Brigadir Partono. Selain itu ada pula Brigadir Abong L Windi, Brigadir Syupriadin, Brigadir M Fauzi, Aiptu Erwin Fitriadi, dan Aiptu Ferri Lesmana.(mg4/jpnn)


Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) kepada 27 anggota Polda Metro Jaya yang berhasil


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News