Unik...Angkot di Bandung Sekarang Ada Perpustakaannya

Unik...Angkot di Bandung Sekarang Ada Perpustakaannya
Pelajar membaca buku dari perpustakaan mini di salah satu angkot di Bandung. Foto: dok jpnn

jpnn.com - BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melengkapi 14 armada angkutan umum (angkot) di Kota Bandung dengan perpustakaan mini.

Program anyar ini dimaksudkan untuk membuat angkutan umum lebih menarik bagi warga.

"Selama di perjalanan, penumpang bisa sambil membaca buku di angkot yang diberi nama Angkot Pintar (Antar)," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Rurwandi kepada wartawan, Jumat (16/12).

Didi mengatakan, keempat belas angkot tersebut yakni Margahayu-Ledeng 5 unit, Kalapa-Ledeng 3 unit, Sederhana-Cimindi 6 unit. 

Program ini terinspirasi dari Perpustakaan Angkot yang digagas seorang sopir angkot di Soreang. Kemudian diadaptasi oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung yang bekerjasama dengan Komunitas Rindu Menanti.

"Jadi ini kita launching angkot pintar inisiasi terispirasi oleh angkot Soreang-Leuwipanjang dan Kang Fahmi (Komunitas Rindu Menanti). Kita ingin jadi gerakan massif," tambah Didi.

Menurut Didi, hadirnya angkot ini selain untuk membangun budaya literasi. Hadirnya buku-buku itu juga untuk memakmurkan sopir angkot. Sehingga masyarakat kembali berminat untuk naik angkot. 

"Jadi bukan hanya membuat angkot menjadi ramai, tapi berfaedah. Ini salah satu program kita untuk meningkatkan daya tarik angkot," terang Didi.

BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melengkapi 14 armada angkutan umum (angkot) di Kota Bandung dengan perpustakaan mini. Program anyar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News