Usulkan Soeharto dan Gus Dur Pahlawan Nasional

Usulkan Soeharto dan Gus Dur Pahlawan Nasional
Usulkan Soeharto dan Gus Dur Pahlawan Nasional
JAKARTA - Kementerian Sosial (kemensos) sedang menyeleksi 19 nama calon pahlawan nasional. Dua diantara nama yang diusulkan yakni mantan Presiden Soeharto dan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Menteri Sosial Salim Jufri Al Segaf menegaskan, nama calon tersebut telah mengalami seleksi panjang selama ini. "Dari 30 nama calon pahlawan  nama-namanya masih diusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)," katanya usai menghadiri pertemuan dengan perintis kemerdekaan di Jakarta, kemarin (22/9).

Kata Salim, nama tersebut diseleksi oleh tim khusus dari Kemensos. Dari 30 nama calon pahlawan telah berhasil terseleksi 19 nama. "Tapi bukan kami loh yang menentukan, nanti Presiden yang menetapkan itu (nama pahlawan nasional.red)," tegasnya.

Direktur kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial Suyoto Suyadi menjelaskan, tim khusus pengkajian dilakukan oleh tim penilai pengkajian gelar pahlawan pusat. Dengan anggota tim sebanyak 13 orang. "Mereka direkrut dari unsur sejarawan, kearsipan, dan sejarah TNI yang ditetapkan oleh Mensos," ujarnya.

JAKARTA - Kementerian Sosial (kemensos) sedang menyeleksi 19 nama calon pahlawan nasional. Dua diantara nama yang diusulkan yakni mantan Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News