Usut Tuntas Penyebab Terbakarnya Kapal Dharma Kencana II

Usut Tuntas Penyebab Terbakarnya Kapal Dharma Kencana II
Nizar Zahro. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Moh Nizar Zahro meminta penyebab terbakarnya Kapal Dharma Kencana II di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Minggu (29/10) pagi diusut tuntas.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, penyebab terbakarnya harus tetap dicari tahu," kata Nizar melalui pesan elektronik, Minggu.

Politikus Gerindra ini juga mengkritik kinerja Kementerian Perhubungan. Sebab selama tahun 2017, setidaknya ada tiga insiden kebakaran kapal laut yang terjadi.

Seharusnya, kata Anggota Banggar DPR ini, Kemenhub mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian sebelumnya. Yang terpenting lagi adalah meningkatkan pengawasannya terhadap Syahbandar dan perusahaan kapal laut.

"Bila tidak ada peningkatan kinerja pengawasan maka akan selalu terjadi insiden yang mengancam nyawa manusia. Ini tidak kita harapkan," ujar wakil rakyat dari dapil Jatim XI (Madura) ini.

Nizar menambahkan, penindakan dan sanksi tegas harus dilakukan dalam insiden terbakarnya Kapal Dharma Kencana II. Sebab, setiap kecelakaan bila tidak kapalnya yang bermasalah, maka ada faktor kelalaian manusia di sana.

"Karena itulah perlu diusut tuntas, dan sanksi tegas harus diberikan agar menimbulkan efek jera bagi pelaku usaha transportasi laut dan pihak - pihak terkait," pungkas Nizar.(fat/jpnn)


Anggota Komisi V DPR Moh Nizar Zahro menegaskan, meski tak ada korban jiwa, kebakaran kapal Dharma Kencana harus tetap diusut


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News