Valentino Rossi Hancur Lebur Usai Gagal di MotoGP Malaysia

Valentino Rossi Hancur Lebur Usai Gagal di MotoGP Malaysia
Valentino Rossi (46). Foto: Gold and Goose/LAT Images

jpnn.com, SELANGOR - MotoGP Valencia dua pekan lagi (18/11) tinggal formalitas. Sudah tidak ada yang dipertaruhkan dalam seri terakhir (ke-19) MotoGP musim ini. Gelar juara sudah dipastikan oleh Marc Marquez. Posisi runner-up juga sudah dikunci. Tinggal, mungkin, posisi ketiga yang masih seru diburu.

Andrea Dovizioso memastikan posisi runner-up musim ini di MotoGP Malaysia. Rider Ducati itu memang hanya finis di posisi keenam. Namun, itu sudah cukup untuk menambah poinnya menjadi 220. Terpaut 25 dari Valentino Rossi di posisi ketiga. Sudah tak mungkin dikejar. Padahal, hingga empat lap jelang race berakhir kemarin, perebutan posisi runner-up masih seru.

Rossi masih sangat mungkin mengalahkan Dovi mengais hadiah hiburan. Di klasemen mereka cuma terpaut lima poin (210-195). Apalagi The Doctor—julukan Rossi—memulai race dengan kuat. Langsung menyalip Johann Zarco, lalu leading hingga empat lap mendekati akhir. Namun, jatuhnya pembalap Yamaha itu di lap ke-16 membuyarkan semua mimpi indah.

''Rasanya campur aduk. Di satu sisi, saya sangat happy, karena ini balapan terbaik saya sepanjang musim. Kondisinya sulit bagi kami, track-nya juga tidak mudah. Jadi ini sangat penting,'' papar pembalap 39 tahun (paling tua di MotoGP 2018) itu seperti dikutip MotoGP.

''Tapi di sisi lain ini memalukan. Saya sangat kecewa telah membuat kesalahan itu. Bisa membalap sebaik ini, tapi pulang dengan poin nol, itu jelas bikin frustrasi,'' tambah dia emosional.

Ini berarti, sudah 17 bulan lebih Rossi tidak mencicipi podium teratas. Kemenangan terakhirnya terjadi pada MotoGP Belanda pada 25 Juni 2017 di Assen. ''Ini hancur lebur,'' tukas Rossi.

Lebih menyedihkan lagi bagi Rossi, posisi di peringkat ketiga pun kini terancam. Rekan setimnya, Maverick Vinales, kini tinggal terpaut dua poin di belakang Rossi. Di Sepang kemarin, Vinales finis di posisi keempat. Mendapat tambahan 14 poin, kini pembalap Spanyol itu sudah mengumpulkan 193 poin.

Jika Vinales mampu kembali finis lebih baik dari Rossi di Valencia nanti, Rossi harus rela mengakhiri musim ini di urutan keempat klasemen pembalap. ''Dovi sudah melesat jauh. Sekarang aku harus bertarung dengan Maverick untuk posisi ketiga. Tapi menurutku Valencia adalah sirkuit yang sulit. Dan jika Yamaha bisa kuat di sana, siapa pun yang menang, itu berarti positif,'' ucap dia.

Kegagalan di MotoGP Malaysia membuat Valentino Rossi harus merelakan posisi runner-up MotoGP 2018 ke Andrea Dovizioso.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News