Volvo Ingin Mobil Masa Depannya Bisa Dikendalikan dengan Teknologi Ini

Volvo Ingin Mobil Masa Depannya Bisa Dikendalikan dengan Teknologi Ini
Volvo dan Varjo sedang mengembangkan teknologi AR untuk mobil masa depannya, Foto: Carscoops

jpnn.com, JAKARTA - Volvo dilaporkan telah melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi Finlandia, Varjo, pembuat headset augmented reality (AR). Dalam kerja sama ini kedua perusahaan meluncurkan aplikasi realitas campuran pertama di dunia yang dirancang untuk pengembangan mobil.

Kedua perusahaan menyebutkan perangkat yang mereka kembangkan itu memungkinkan pengguna dapat mengendarai mobil sungguhan sambil mengenakan headset augmented reality. Teknologi dengan mulus menambahkan elemen virtual yang tampak nyata tidak hanya untuk pengemudi tetapi juga sensor mobil. Penemuan terbaru mereka disebut Varjo XR-1.

Chief Technology Officer Volvo, Henrik Green mengatakan dengan pendekatan realitas campuran ini, pihaknya dapat mulai mengevaluasi desain dan teknologi saat ini masih dalam bentuk konsep.

“Kita sedang menguji konsep perangkat di jalan segera. Pendekatan ini menawarkan penghematan biaya potensial yang cukup besar dengan mengidentifikasi prioritas dan mengatasi kemacetan jauh lebih awal dalam proses desain maupun pengembangan,” kata Green seperti dilansir Carscoops, Kamis (30/5).

XR-1 dikatakan telah disematakan teknologi yang membaca driver secara akurat. Selain itu, XR-1 juga bisa memberi informasi apakah driver terganggu oleh fitur-fitur baru atau tidak.

"Sejak awal, visi kami adalah menciptakan produk yang dapat secara sempurna menggabungkan dunia nyata dan virtual bersama. Cara-cara yang sangat canggih di mana Volvo Cars menggunakan XR-1 menunjukkan bahwa teknologi Varjo memungkinkan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin. Bersama dengan Volvo kami telah memulai era baru dalam realitas campuran profesional," kata pendiri dan CEO Varjo, Niko Eiden.

Volvo akan mendemonstrasikan headset Varjo XR-1 di Augmented Reality World Expo di Santa Clara, California, sementara paten telah diajukan untuk teknologi tersebut.(mg9/jpnn)


Volvo dilaporkan telah melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi Finlandia, Varjo, pembuat headset augmented reality (AR). Dalam kerja sama ini kedua perusahaan meluncurkan aplikasi realitas campuran pertama di dunia yang dirancang untuk pengembang


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News