Volvo Kembangkan Kursi Keselamatan Anak di Mobil

Volvo Kembangkan Kursi Keselamatan Anak di Mobil
Kursi inflatable yang dikembangkan Volvo untuk keselamatan anak di mobil. Foto: Asiaone.

jpnn.com - SWISS - Di antara aspek-aspek lain dalam keselamatan mobil adalah masalah keamanan anak. Ini menjadi isu penting selama lima dekade terakhir dimulai dengan prototipe kursi anak yang menghadap ke belakang, PV544, pada 1964 terinspirasi perjalanan astronot ketika kembali dari orbit Bumi.

Kini, produsen mobil Volvo meluncurkan konsep kursi keselamatan bagi anak yang disebut 'kursi inflatable'. Meski masih dalam tahap inovasi dan perlu pengembangan, kursi khusus bagi anak ini mudah dipasang dan dapat tersimpan di sebuah tas kecil saat tidak digunakan.

Melalui konsep ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk menggunakannya di mobil saat diperlukan atau menyimpannya kembali di tas ransel ketika tidak lagi diperlukan.

"Prinsip dasar tetap sama seperti 50 tahun lalu. Anak-anak harus selalu bepergian menghadap ke belakang sampai usia tiga sampai empat tahun. Anak yang lebih tua harus menggunakan bantal pendorong atau booster seat yang memastikan bahwa sabuk pengaman terpasang dengan benar di atas panggul," jelas Profesor Lotta Jakobsson, Senior Spesialis Teknis di Volvo Cars Safety Center, seperti dilansir Asiaone, Minggu (20/4).

Menurutnya, perbedaan anatomi antara anak-anak dan orang dewasa menjadi dasar pengembangan kursi keselamatan anak di Volvo, baik dari segi fitur dan aksesoris mobil yang terintegrasi.

"Anak-anak bukanlah versi kecil orang dewasa, itulah sebabnya mengapa anak-anak membutuhkan pembatasan khusus ketika bepergian di mobil," terangnya.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) bertugas melindungi konsumen dari masalah yang terjadi pada kendaraan. Seperti menangani kasus recall atau penarikan kembali mobil yang mengalami masalah dan lain sebagainya. Kali ini NHTSA memiliki aturan baru bagi para pabrikan mobil.

Setiap pabrikan mobil wajib untuk lebih meningkatkan standar keselamatan kursi untuk anak-anak. Kursi untuk anak-anak yang ada di mobil harus bisa melindunginya dari kematian atau cedera yang diakibatkan oleh kecelakaan.

SWISS - Di antara aspek-aspek lain dalam keselamatan mobil adalah masalah keamanan anak. Ini menjadi isu penting selama lima dekade terakhir dimulai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News