Waduh!! OPM Cari Sutiyoso di Jakarta

Waduh!! OPM Cari Sutiyoso di Jakarta
Kepala BIN Sutiyoso. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA—Kepala BIN Sutiyoso pernah sesumbar akan menggunakan cara damai untuk merangkul kelompok OPM di Papua. Cara yang sama sudah dilakukannya terhadap kelompok bersenjata Din Minimi di Aceh. 

Kini, pria yang akrab disapa Bang Yos itu mengaku sudah bertemu dengan sejumlah anggota OPM untuk melakukan pendekatan. “Ada 10 orang anggota OPM menghadap saya kemarin. Baguslah ini efek domino seperti Din Minimi kan,” ujar Bang Yos di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (1/2). Ia tidak merinci identitas tokoh-tokoh OPM yang menemuinya tersebut.
 
Menurut Bang Yos, selama ini tuntutan OPM tidak muluk. Kelompok itu hanya menginginkan dibangun perumahan untuk masyarakat. Sementara itu terkait amnesti, Bang Yos belum memastikannya secara jelas. Ia belum merinci lebih jauh hasil pembicaraan dengan anggota OPM tersebut.
 
“Kalau yang masih mau cara-cara soft power alhamdulillah kami terima. Kalau tidak kami gunakan hard power,” tegas mantan Ketua Umum PKPI tersebut.

Sebelumnya, Bang Yos sudah berhasil mendekati kelompok Din Minimi dengan jalan damai. Ia juga menjanjikan pemberian amnesti untuk anggota kelompok tersebut. (flo/jpnn)


JAKARTA—Kepala BIN Sutiyoso pernah sesumbar akan menggunakan cara damai untuk merangkul kelompok OPM di Papua. Cara yang sama sudah dilakukannya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News