Waduh! Proyek Tol JORR II Terancam Mandeg, Ini Sebabnya

Waduh! Proyek Tol JORR II Terancam Mandeg, Ini Sebabnya
Pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II Cimanggis-Cibitung diperkirakan bakal mandeg hingga beberapa tahun kedepan. Pasalnya, sampai sekarang pembebasan lahan untuk proyek yang menelan dana investor sebesar Rp 4 triliun itu belum sampai 50 persen.

Site Manager PT. Waskita Karya, Eko Suyono, selaku kontraktor pelaksana mengungkapkan, jika pembebasan belum terpenuhi maka pengerjaan fisik akan terus terhambat.

"Ya, semakin lama pembebasan akan semakin lama fisik bisa rampung. Kalau tanahnya saja belum bebas, apa yang bisa kami kerjakan?" ujarnya kepada Radar Cibubur, Selasa (21/2).

Kendala tak hanya berhenti sampai disitu. Faktor utilitas juga jadi salah satu permasalahan yang menjadi kendala pembangunan.

Di beberapa lahan yang sudah terbebaskan, masih ada utilitas yang harus direlokasi sementara.

"Sifatnya relokasi sementara, kenapa, karena nanti begitu pembangunan fisik di wilayah itu selesai, utilitas akan dikembalikan seperti semula. Banyak utilitas yang harus direlokasi, seperti PDAM, PLN, Gas, Telkom, dan lainnya. Itu semua nanti direlokasi," terangnya.

Eko mengakui, pembangunan fisik saat ini lebih memprioritaskan lahan yang bukan milik warga alias tanah negara. "Tanah fasos fasum itu lebih mudah dikerjakan, karena ada akses. Berbeda dengan lahan milik perumahan," sahutnya.

Namun tak semuanya perumahan memiliki lahan. Ada beberapa perumahan elite yang sebagian tanahnya milik negara. Seperti yang berada di Kota Wisata Cibubur, masih milik Pemerintah Kabupaten Bogor.

 Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II Cimanggis-Cibitung diperkirakan bakal mandeg hingga beberapa tahun kedepan. Pasalnya, sampai sekarang

Sumber Radar Bogor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News