Waduh, Sistem Noken di Papua Berpeluang Timbulkan Kecurangan

Waduh, Sistem Noken di Papua Berpeluang Timbulkan Kecurangan
ILUSTRASI. FOTO: Jambi Indpendent/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Mekanisme noken dalam pelaksanaan pilkada di Papua dan Papua Barat dikhawatirkan sejumlah pihak. Noken memang bisa berfungsi sebagai kotak suara di daerah-daerah terpencil. Namun, di sisi lain, sistem noken dikhawatirkan menjadi celah kecurangan karena kepala suku yang dipercayakan warga untuk menyampaikan hak pilihnya bisa saja memanipulasi data.

“Jumlah pilihan masyarakat yang dilaporkan oleh salah satu wakil masyarakat terhadap petugas penyelenggara bisa saja tidak akurat dan sulit untuk dibuktikan," ujar anggota Koalisi Kawal Pilkada, Heroik Pratama di Jakarta, Minggu (6/12).

Heroik mengatakan, masalah yang sama sudah pernah terjadi di Pemilu 2014. Banyak wakil masyarakat dari distrik tertentu mengklaim mewakili banyak pemilih. Kondisi ini mengakibatkan jumlah suara tidak sinkron dengan jumlah pemilih.

Untuk pilkada 2015, sebagian besar dari 718 TPZS di 51 distrik di Yahukimo akan menggunakan sistem noken. Di daerah itu sudah berulang kali muncul masalah karena sistem noken. Karena itu, Heroik mengingatkan penyelenggara pemilu untuk lebih waspada.

"Ini bisa berpotensi celah kerusuhan di Yahukimo. Mau pun daerah lain yang menggunakan sistem noken," imbuhnya.

Heroik mengatakan, sistem noken berpotensi menciderai hak politik pemilih sehingga para penyelenggara dan pengawas pemilu harus lebih teliti menerima perwakilan masyarakat yang datang.(flo/jpnn)


JAKARTA – Mekanisme noken dalam pelaksanaan pilkada di Papua dan Papua Barat dikhawatirkan sejumlah pihak. Noken memang bisa berfungsi sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News