Wajar 9 Tahun Diklaim Selesai Lebih Cepat

Wajar 9 Tahun Diklaim Selesai Lebih Cepat
Wajar 9 Tahun Diklaim Selesai Lebih Cepat
JAKARTA -- Program Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun yang dicanangkan pemerintah diklaim sudah rampung meski ada daerah yang belum melaksanakannya secara utuh. Bahkan jika merunut pada perjanjian Education For All, Wajar 9 tahun lebih cepat selesai dari waktu yang direncanakan.

"Dalam perjanjian Education for All semua negara menyepakati wajar 9 tahun selesai tahun 2015. Tapi kita bisa selesai tahun 2008, lebih cepat 7 tahun," kata Suyanto, Dirjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) usai menutup Lomba Motivasi Mandiri (LOMOJARI) 2012, di Gedung Mendikbud, Jakarta, Rabu (12/9).

Suyanto menyatakan, saat ini wajar 9 tahun sudah rampung hingga 99 persen. Sementara di aturan dianggap tuntas kalau sudah rampung 95 persen.

Ia juga menyebutkan masih ada 173 kabupaten yang belum tuntas. Bahkan ada 25 kabupaten yang masih di bawah 75 persen. "Harus kita intervensi. Kita beri penguatan, kita sosialisasikan supaya di situ mencapai paling tidak 95 persen itu. Tapi kalau untuk angka nasional sudah tuntas sejak 2008," jelasnya.

JAKARTA -- Program Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun yang dicanangkan pemerintah diklaim sudah rampung meski ada daerah yang belum melaksanakannya secara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News