Wakil Ketua Dewan Heran, Kok Ada PNS Gabung LSM

Wakil Ketua Dewan Heran, Kok Ada PNS Gabung LSM
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Naziel Fikri mengkritik mulai menjamurnya lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Tangerang yang berubah fungsi.

"Kalau kehadiran LSM bertujuan untuk kontrol publik, itu sah-sah saja. Itu memang hak warga dan diatur dalam undang-undang demokrasi, dalam sisi ini ada kewenangannya. Namun akhir-akhir ini banyak LSM yang hanya bergerombol dalam sebuah organisasi, tapi tidak punya kemampuan ke arah mengkritik. Sifatnya hanya memunculkan isu saja, spontanitas atau sporadis,” ujar Naziel.

Terkait adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tangerang yang ikut dalam LSM, politikus PPP itu punya pendapat lain. Ya, belum lama ini, DPRD Kabupaten Tangerang memang menggelar hearing dengan sebuah kelompok aktivis. Nah, di antara yang hadir, ternyata ada seorang PNS berinsial BU yang ikut mendampingi rombongan. “Yang datang ke ruangan saya ada lima sampai tujuh orang, salah satunya B*** U****,” katanya.

Naziel sempat mempertanyakan kapasitas pria yang dia ketahui merupakan PNS di Tangerang Selatan (Tangsel). “Karena yang bersangkutan superaktif berbicara menyampaikan aduan dibanding orang yang tertulis dalam surat sebagai koordinator," ucap Naziel.

Menurut Naziel, PNS adalah Aparatur Sipil Negara (ASN). “Seorang ASN kan mempunya kode etik dan peraturan tertentu. Secara etika menurut saya relatif kurang pantas kalau seorang PNS masuk sebagai LSM. Meski dalam undang-undang mungkin diperbolehkan,” imbuh Naziel. (adk/jpnn)


Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Naziel Fikri mengkritik mulai menjamurnya lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Tangerang yang berubah fungsi.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News