Wakili Indonesia, Fadli Dorong APPF Garap Isu Rohingya

Wakili Indonesia, Fadli Dorong APPF Garap Isu Rohingya
Fadli Zon. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Indonesia terus mendorong penyelesaian kasus Rohingya di Myanmar dari berbagai cara. Salah satunya melalui pertemuan tahunan ke-25 APPF (Asia-Pacific Parliamentary Forum).

Forum yang akan digelar di Natadola, Fiji, pada 15-19 Januari tersebut langsung dihadiri Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bersama rombongan. Fadli Zon mengatakan forum ini akan membahas tema tentang perdamain dan keamanan.

Sebab, membangun stabilitas kawasan dibutuhkan kerja sama dan saling percaya di antara negara-negara sekawasan.

"Memang ada gejolak di Semenanjung Korea dan Laut Cina Selatan, yang salah satunya menyangkut isu nuklir.

“Kepercayaan ini tidak bisa dibangun instan, melainkan harus dipupuk melalui dialog terbuka dan fair," kata Fadli Zon yang didapuk menjadi perwakilan menyampaikan vote thanks melalui rilisnya, Senin (16/1).

Menurut Fadli, APPF menjadi salah satu forum yang penting untuk mendorong setiap negara berdiplomasi, mengedepankan penyelesaian damai atas setiap konflik yang muncul.

Dalam forum ini Indonesia menyuarakan pentingnya penyelesaian krisis kemanusiaan di Rohingya. DPR telah meminta parlemen Myanmar supaya mendorong pemerintahnya menyelesaikan krisis kemanusiaan tersebut dengan damai dan bijaksana.

“Selain Rohingya, parlemen Indonesia juga menyuarakan pentingnya penanganan krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina dan Suriah," imbuhnya.

 Indonesia terus mendorong penyelesaian kasus Rohingya di Myanmar dari berbagai cara. Salah satunya melalui pertemuan tahunan ke-25 APPF (Asia-Pacific

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News