Wako Tagih Janji Pusat Agar Kirim 220 Ribu Blangko e-KTP

Wako Tagih Janji Pusat Agar Kirim 220 Ribu Blangko e-KTP
Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Wali Kota Palembang Harnojoyo memastikan distribusi dan pencetakan e-KTP berlangsung lancar di masing-masing kantor kecamatan.

Harnojoyo mengungkapkan, saat ini Kota Palembang masih kekurangan sekitar 220.000 blangko e-KTP.

Untuk itu, lanjut dia, dirinya akan menagih janji Kemendagri untuk mendorong kekurangan blangko tersebut.

“Ini jadi pekerjaan rumah. Dimana kekurangan itu akan kami tanyakan ke pusat. Di sisi lain kami juga minta masyarakat bersabar,” kata Wako disela-sela menyaksikan langsung proses pencetakan di Kantor Kecamatan Ilir Timur (IT) I, kemarin (7/9).

Saat ini Kota Palembang dihuni sekitar 1,8 juta jiwa. Sedangkan yang wajib memiliki e-KTP sebanyak 1.150.000 jiwa. Sementara yang sudah tercetak baru 987.000 jiwa.

Karena itu, Disdukcapil menyiapkan surat keterangan (suket) sebagai pengganti sementara yang bisa diperpanjang setiap enam bulan, sembari menunggu pemenuhan blangko e-KTP dari pusat.

“Inilah salah satu cara mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat. Melalui suket bisa diatasi untuk sementara,” katanya.

Sedangkan untuk Kecamatan IT II menjadi lokasi kedua pencetakan e-KTP untuk di wilayah kecamatan, setelah sebelumnya dilakukan di Kantor Kecamatan Seberang Ulu (SU) I. Nantinya, proses pencetakan e-KTP bisa dilakukan di seluruh kantor kecamatan.

Wali Kota Palembang Harnojoyo memastikan distribusi dan pencetakan e-KTP berlangsung lancar di masing-masing kantor kecamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News