Wallahu A'lam…Seluruh Kitab Suci Turun Pada Bulan Ramadhan

Wallahu A'lam…Seluruh Kitab Suci Turun Pada Bulan Ramadhan
Al-Quran. Foto: Dok.Jawapos.com.

jpnn.com - SIAPA yang pertamakali mengatakan Al-Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan? Yuk simak kisah berikut…

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

"Orang yang pertama kali berpendapat bahwa Al-Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan itu adalah ahli tarikh, Ibnu Ishaq," kata Ahmad Mubarok, ilmuwan muda Islam, kepada JPNN.com, Selasa, 13 Juni 2017.

Menurut Mubarok, cerita tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam. "Ibnu Ishaq dan Ibnu Hisyam termasuk assalaf assoleh, karena hidup dalam kurun waktu 300 tahun hijriyah."

Ibnu Hisyam wafat pada 213 Hijriah. Sedang Ibnu Ishaq lebih dulu. Yakni, 150 Hijriah. Ada juga sumber menyebut 151 Hijriah.

Pendapat Ibnu Ishaq itu, kemudian hari dipopulerkan oleh Syaikh Muhammad al Khudhari dalam bukunya Tarikh Tasyri' al Islami. Dalam perkembangannya, 17 Ramadhan diperingati sebagian kaum muslim sebagai hari Nuzulul Qur'an.

Ibnu Ishaq lahir pada 85 Hijriah atau 704 Masehi dengan nama Muhammad bin Ishaq bin Yasar. Digadang-gadang sebagai sejawaran muslim pertama, mengingat dialah yang pertamakali menulis biografi Muhammad SAW; Sirah Nabawiyah.

"Ia (Ibnu Ishaq--red) merupakan yang pertama mengumpulkan sejumlah ekspedisi dari Muhammad dan mencatatnya," tulis Ibnu Sa'ad, sejarawan Islam penulis buku Ath-Thabaqat al-Kabir.

SIAPA yang pertamakali mengatakan Al-Quran diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan? Yuk simak kisah berikut…

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News