Warga Kalsel Hadang Tongkang Batubara

Warga Kalsel Hadang Tongkang Batubara
Warga Kalimantan Selatan melakukan blokade sungai Barito untuk menutup lalu lintas Tongkang Batubara. Foto:FPB/Istimewa
BANJARMASIN - Ancaman masyarakat Kalimantan untuk melarang keluarnya tongkang batubara dari pulau itu, benar-benar dibuktikan. Sekitar 2.000 massa dari berbagai elemen melakukan penghadangan kepada tongkang angkutan batubara di bawah Jembatan Barito, Kabupaten barito Kuala.

Tampak ratusan perahu yang dipadati warga berjejer di bawah jembatan terpanjang di Kalimantan itu, Sabtu (26/5). Berbagai spanduk berisi tuntutan dan kecaman kepada pemerintah pusat terbentang di badan perahu atau bagian bawah jembatan.

Deklarator Forum Peduli Banua (FPB) Kalsel, Berry Nahdian Furqon menyabutkan bahwa aksi blokade ini akan berlangsung sehari penuh. Warga sudah menyiapkan berbagai strategi agar tongkang pengangkut batubara tidak bisa keluar Kalimantan Selatan.

"Sungai sudah ditutup oleh warga dari berbagai elemen masyarakat, aktivis LSM, mahasiswa hingga politisi ikut dalam aksi ini. Ini bentuk pembangkangan karena kami menuntut keadilan," kata Berry.

BANJARMASIN - Ancaman masyarakat Kalimantan untuk melarang keluarnya tongkang batubara dari pulau itu, benar-benar dibuktikan. Sekitar 2.000 massa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News