Warga Kulonprogo Kembangkan Telur Asin Rasa Soto

Warga Kulonprogo Kembangkan Telur Asin Rasa Soto
Warga Kulonprogo Kembangkan Telur Asin Rasa Soto

jpnn.com - KULONPROGO – Aneka produk makanan olahan dan kerajinan dari Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai banyak diminati. Produknya laris di pasaran hingga perajinnya mulai kebanjiran order.

Salah satu produk KAKB yang diminati adalah telur asin rasa soto. Kini, telur asin rasa soto itu sudah mulai dikenal luas dan beberapa pesanan melalui online berasal dari daerah lain.

Dalam memenuhi pesanan, perajin di kecamatan Temon kini mulai kewalahan untuk mencukupi bahan baku. Perwakilan Koperasi Binangun Sejati Tanto mengatakan, perajin terpaksa harus mendatangkan dari wilayah Lendah.

”Selain telur asin, tas produk KAKB di Sentolo juga sudah merambah pasar hingga Kalimantan,” katanya seperti dikutip Radar Jogja.

Ketua Koperasi Binangun Sejati Subagyo menambahkan, saat ini pihaknya sudah membentuk koperasi untuk menampung produk KAKB di Kulonprogo. Koperasi yang beralamat di Jalan Jogja Km 2 No 354 itu saat ini sudah diisi 63 KAKB.

Sedangkan tenaga kerja yang terserap lebih dari 200 orang dan sudah menghasilkan berbagai produk. Setelah melalui proses yang panjang, beberapa produk yang diha-silkan sudah bisa mulai masuk toko Tomira.

”Semua laku. Seperti Stick Buah Naga, Wingko Ijo, Enting-Enting Kacang, Enting-Enting Jahe, Kopi Java Menoreh, Crispi Mina Rasa, Sari Nira, Kripik Pegagan, Kripik Belut, Kripik Pisang Rohana,” ungkapnya.

Subagyo mengatakan, saat ini sedang diusahakan supaya produk KAKB bisa masuk ke jaringan Alfamart. Sebab, sudah ada perjanjian yang dilakukan sebelumnya. ”Paling tidak untuk di wilayah DIY,” ungkapnya.(tom/ila/ong/jpnn)


KULONPROGO – Aneka produk makanan olahan dan kerajinan dari Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News