Warga Mulai Padati Arena Karnaval CGM Glodok 2018

Warga Mulai Padati Arena Karnaval CGM Glodok 2018
Cap Go Meh. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA BARAT - Lokasi Karnaval Budaya Cap Go Meh (CGM) Glodok 2018, di Jakarta mulai dipadati warga, Minggu (4/3).  Satu per satu warga mulai memadati lokasi yang berada di depan LTC Glodok, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat itu

Panggung sudah berdiri. Para peserta karnaval juga tengah bersiap-siap dalam acara yang akan dihadiri sejumlah tokoh nasional itu. 

Karnaval akan menempuh rute sekitar 3,5 kilometer mulai dari depan LTC Glodok Jl Hayam Wuruk ke arah Monas, namun putar balik di Harmoni. Selanjutnya, arak-arakan akan menyusuri Jalan Gadjah Mada sampai titik finis di depan Hotel Novotel. 

Salah satu warga Jakarta Barat, Adis (25) mengaku sengaja datang untuk menyaksikan karnaval. "Terakhir kan 2016, tahun lalu tidak ada. Jadi, karena ada tahun ini saya sengaja nonton. Ini kan hiburan rakyat dan mengenal kebudayaan," kata Adis kepada JPNN di lokasi, Minggu (4/3). 

Perayaan Cap Go Meh itu akan dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Ketua DPR Bambang Soesatyo. 

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh Glodok 2018 Charles Honoris menjelaskan, kegiatan itu akan diikuti 2.000 perserta dari beragam latar belakang.  "Budaya Cap Go Meh kini bukan hanya milik komunitas Tionghoa saja, tapi sudah menjadi bagian dari kebudayaan nusantara," kata Charles.

Selain barongsai dan arak-arakan Joli yang menjadi ciri khas Cap Go Meh, ada pula tarian gemufamire, sisingaan, reog ponorogo dan juga marching band dari remaja Masjid Istiqlal.

Charles menjelaskan, Cap Go Meh merupakan bagian dari kebudayaan Bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika. Menurutnya, kebinekaan akan terlihat dari para peserta karnaval yang berasal dari beragam latar belakang komunitas, profesi, suku, adat dan agama.(boy/jpnn) 


Ketua Dewan Pembina Panitia Cap Go Meh Glodok 2018 Charles Honoris menjelaskan, kegiatan itu akan diikuti 2.000 perserta dari beragam latar belakang.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News