Waspada! 3 Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan

Waspada! 3 Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan
Kecelakaan akibat mabuk. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Data Kepolisian menyebut rata-rata ada tiga orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan. Besarnya jumlah kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Yakni 61 persen kecelakaan disebabkan faktor manusia yaitu yang terkait dengan kemampuan serta karakter pengemudi, 9 persen disebabkan karena faktor kendaraan (terkait dengan pemenuhan persyaratan teknik laik jalan) dan 30 persen disebabkan faktor prasarana dan lingkungan.

"Faktor manusia yaitu yang terkait dengan kemampuan serta karakter pengemudi ternyata menjadi faktor yang berpengaruh dalam keselamatan di jalan raya," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto saat persiapan kegiatan Kampanye Keselamatan Jalan di Jakarta, Jumat (18/8).

Karena itu, dalam memperingati kemerdekaan RI ke-72, Kementerian Perhubungan kembali menggelar acara Kampanye Keselamatan Transportasi Darat pada Minggu (20/8).

"Kegiatan ini didedikasikan sebagai bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik tentang permasalahan keselamatan lalu-lintas jalan," tutur Pudji.

Lebih lanjut Pudji meminta agar data tersebut janganlah hanya sebagai angka statistik dan dianggap tidak mungkin terjadi pada diri kita.

"Melalui kegiatan ini, saya mengharap semua pihak pemangku kepentingan untuk lebih peduli terhadap keselamatan jalan. Saya berkeyakinan bahwa dengan campur tangan dari para pemangku kepentingan, diharapkan dapat menekan jumlah korban kecelakaan di jalan," ucap Pudji.(chi/jpnn)


Data Kepolisian menyebut rata-rata ada tiga orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan. Besarnya jumlah kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News