Waspada Cacing Hati di Hewan Kurban

Waspada Cacing Hati di Hewan Kurban
Hewan kurban untuk Iduladha sedang diperiksa dokter. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pertanian Gresik mengingatkan pentingnya berhati-hati sebelum mengomsumsi daging dan hati kurban saat Iduladha. Waspadai hewan berpenyakit!

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Gresik Drh Herman Supradjitno mengatakan, tahun ini, dinasnya tetap berkeliling ke tempat-tempat penyembelihan kurban.

Namun, jangkauan petugas terbatas. Lokasinya sangat banyak. Tidak mungkin memeriksa satu per satu. Asal hewan pun bisa dari mana saja.

Pada Idul Adha 1439 H atau 2017, lanjut Herman, ditemukan puluhan hewan kena cacing hati. Dia mencatat total ada kurban 2.168 sapi dan 8.253 kambing. Ada 24 hewan kena cacing hati.

Sangat berbahayakah cacing hati? "Memang tidak sangat berbahaya," kata Herman.

Namun, sambung dia, cacing itu bisa bertelur di hati sapi. Kalau dikonsumsi, risikonya bisa sakit. Yang paling sering sakit diare.

Herman mengimbau panitia kurban lebih teliti. Periksa daging dan organ hewan sebelum dibagikan. Gampang memeriksa hati sapi.

"Jika dipegang kasar seperti ada pasirnya, itu patut dicurigai," ujarnya. Cacing hati masuk ke tubuh sapi melalui makanan. Bisa dari dedaunan yang hidup di air.

Panitia kurban diminta lebih teliti memeriksa daging dan organ hewan kurban sebelum dibagikan saat Iduladha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News